Life,

Pregnancy: Karna Ini Kehamilan Petamaku

17.23.00 Eca 0 Comments


Setelah 4 bulan pernikahan dan beratus-ratus pertanyaan dari kerabat, akhirnya saya dan suami diberi amanah oleh Allah SWT. Awal cerita, saya sudah eneg ngeliat garis 1 setiap kali testpack dan selalu nangis ke suami, saya stress, iya stress dengan pertanyaan orang-orang, 'udah isi belum?', 'kok belum juga?', sampai ada yang ngebilang saya gak subur duh tega banget padahal kami baru 4 bulan menikah. Dan entah kenapa suami anteng aja kalau saya ngadu, palingan juga bilang 'belum rejeki kita sabar aja, berdua dulu lah kita puas-puasin', emang bener sih ya tapi stres juga apalagi kalau pertanyaan datangnya dari keluarga terdekat.

Setelah hamil alhamdulillah gak ada kendala yang berarti, eh sedikit cerita sewaktu trimester pertama. Di kehamilan usia 5 minggu, saya melakukan pemeriksaan kembali karna dari perjalanan Sibolga - Pekanbaru, kaget banget ternyata hasil USG gak menunjukkan adanya janin, auto panik trus sedih, tapi udah pasrah sama Allah dan alhamdulillah ternyata masih rejeki saya dan suami. 

Setelah konsul ke ahli kandungan, ternyata dalam beberpa kasus janin usia less than 8w itu gak kelihatan di pemeriksaan USG, dan itu normal, kalau udah diatas 8w masih gak kelihatan bisa jadi itu hamil diluar rahim dan harus melakukan pemeriksaan lebih lanjut. Ada saran dari beberapa temen, katanya sebelum USG banyakin minum biar kandung kemihnya berisi penuh dan rahim otomatis lebih kedorong ke bagian perut, jadi lebih keliahatan kalau dilakukan USG.

Di trimester awal lumayan menguras tenaga sih ya, emang rada mual, ga bisa nyium bau masakan, ga bisa nyium nasi yang lagi dimasak, bahkan nasi yang di rice cooker itu kecium banget bau nya, kalau lagi di jalan trus lewat warung makanan pasti langsung hoek hoek. Jadinya di awal trimester sama sekali gak pernah masak, selalu beli makanan jadi diluaran. Pernah suatu hari saya bosen banget sama makanan yang dibeli jadinya ga mau makan, trus suami inisiatif masakin dadar telor, bukannya saya seneng malah ngomel trus nangis-nangis karna mual banget huhuhu iya se-lebay itu. Rumah udah gak keurus, suami berangkat kerja yaa berangkattt, pulang ya pulangg, saya nya udah gak tau lagi karna molorrr mulu, mata ini gak bisa dikondisiin, lengah dikit langsung tidur, kenyang dikit langsung ngantuk, kadang saya itu udah bosen tidur tapi ya ketiduran juga hahaha.

Masuk di trimester 2 dan 3, keadaan udah stabil, udah berasa gak hamil, semua bisa dihajar, ke pasar hayukk kemana hayukk ngapain hayukk, rasanya saya bisa naik flying fox deh tapi ga mungkin yaa. Udah bisa masak, rumah udah keurus, suami udah keurus lagi hahaha.

Total naik berat badan diangka 14kg, dari 58 jadi 72kg, yassalamm, yaudahlah disyukuri aja. Yang paling saya sesali itu, gak gunain krim anti strechmark dari awal kehamilan. Dari awal hamil sampai usia kandungan 35w itu perutku masih mulus kaya pantat bayi, diatas 35w duaaarrrr muncul semua petir-petir tatto permanen, kata orang-orang sih woles ajaa anggap kenang-kenangan hamil, wagelahhh siapa yang rela ya kan huhuhu

Alhamdulillah masa kehamilan gak ada gangguan yang berarti, cuma di kehamilan sekitar 28w saya harus pulang ke Pekanbaru, karna memang rencana awal lahiran di Pekanbaru, biar gampang ada orang tua yang bantuin. Disitu sedih banget karna harus pisah dengan suami, sewaktu hamil memang rasanya pengen deket terus dengan suami, tapi kalau udah deket juga kadang sebel trus dipendem sendirian jadi badmood trus nangis ga jelas, hormon kehamilan emang gak main-main ternyata haha

0 comments: