Life,

Wedding Diary : Screening

18.56.00 Eca 2 Comments

"Screening? banyak banget yang mau diikutin, mau nikah aja repot banget sih!" 😣
Ini pemikiran awal saya sewaktu dengar petugas KUA mengatakan kalau screening itu WAJIB diikuti.

Screening atau kursus calon pengantin, nasehat pra-nikah, kursus pranikah, penataran pranikah adalah kursus (iya kursus, berasa kuliah 4 sks 😑) yang diikuti oleh calon pengantin yang isinya nasehat-nasehat untuk bekal pernikahan, dilaksanain selama 2 hari (weekend). Didaerah saya tinggal (read:Pekanbaru), screening adalah salah satu syarat wajib yang harus diikutin untuk mendaftar jadwal pernikahan ke KUA dan sudah dilaksanakan semenjak tahun 2014. 

Dulunya screening ini hanya diadakan di kantor KUA kecamatan tempat menikah, tapi semenjak akhir tahun 2015 tempat screening dipindahkan ke UIN SUSKA di Jl. Ahmad Dahlan di bagian LP2KS (Lembaga Penyuluhan dan Pendidikan Keluarga Sakinah). Dari penjelasan yang disampaikan oleh panitia, screening menjadi syarat wajib dari pemerintah dikarenakan naiknya angka perceraian jadi diharapkan dengan adanya ilmu dasar bisa membantu mengurangi angka perceraian tersebut. 

Karena saya sudah dari jauh hari mendaftar di KUA, jadi gak berasa kerepotan banget nyusun schedule buat screening. Alhamdulillah pacar dikasih izin kerja jadi bisa ngelakuin screening berdua H-45days acara. Untuk jaga-jaga, takutnya pacar gak diizinin pulang, saya menanyakan apakah bisa izin screening ke panitia via telepon (nomornya minta ke petugas KUA), ternyata bisa tapiiii untuk meminta sertifikat tersebut harus mengurus sendiri ke Kementrian Agama, duh makanya pasti ribet dan wanti-wanti pacar buat usahain izin pulang.

Cara mendaftar screening
Saya dan pacar mendaftar pada hari yang sama untuk screening di tanggal 19 - 20 Maret 2016, tapi inget buat datang pagi karena screening akan dimulai jam 08.00 WIB dan yang mendaftar banyak bangeettt. Kalau ada waktu bisa juga untuk mendaftar di hari sebelumnya, buka Senin-Jumat jam 09.00 WIB - 15.00 WIB. Siapin foto 3x4 masing-masing 1 lembar calon pegantin perempuan harus foto menggunakan jilbab, fotokopi KTP masing-masing 1 lembar dan uang pendaftaran sebesar Rp 300.000. Isi formulir lalu serahkan ke panitia, setelah data diterima panitia akan memberikan 2 buah buku yang berjudul "Bunga Rampai Kursus Pra Nikah" isi bukunya sama aja sih cuma 1 edisi cetakan dan 1 nya lagi edisi fotokopi 😅 Panitia juga akan memberikan arah ke kelas mana yang akan diikuti.


Screening ngapain aja? gak ngapa-ngapain kok, cuma duduk manis dan berusaha untuk tidak bosan 😕 Ada 8 sesi yang akan dilalui dalam 2 hari (sabtu dan minggu) dari jam 08.00 - 17.00 WIB, dan ada semacam tes kecil-kecilan yang mudah banget karna pertanyaannya optional dan kalo gak bisa-bisa banget google aja gak ada yang marahhh. Di tanggal yang saya ikuti ada sekitar 3 kelas yang mengikuti screening, dikelas saya dan pacar ada 64 orang (32 pasangan) yang mengikuti, iyaa saya tauu banyak banget emang, udah berasa di-salai didalam kelas itu, panas bangettt sumpah. Dan nanti duduknya dipisah antara laki dan perempuan.

Ada pengalaman yang agak deg-deg serr sih 😬 saya gak tau kalau memang diharuskan perempuan menggunakan rok/busana muslim, dan dengan entengnya saya menggunakan celana jeans dan kemeja. Awalnya sok cuek sih, tapi pas mau daftar langsung ditegur sama ibuk-ibuk panitianya, udah suaranya keras jutek pula "eh kamu ngapain pakai celana? ganti ganti". Iya buk iya saya salah dan saya keluar dari ruangan pendaftar dan akhirnya pacar yang daftarin dan ngurus semuanya 😓 Mau pulang lumayan jauh kan yaa Rumbai-Sukajadi jadi beraniin diri aja buat nanya ke panitia yang bapak-bapak, si Bapak Alhamdulillah baikk, awalnya saya dibecandain disuruh pakai sarung masjid masa haha tapi alhamdulillah saya dibolehin masuk, saya duduk dibelakang paling pojok biar gak kelihatan 😝 Pas istirahat siang bela-belain muter daerah sana buat beli rok.

Setelah perjuangan 2 hari nahan bosen, nahan panas, nahan deritaaa, akhirnya selesaiii dan seneng bangettt. Menurut saya, screening memang sangat membantu untuk mengetahui dasar-dasar tentang pernikahan, apalagi buat calon pengantin pria yang nantinya bakalan jadi imam keluarga.

Di akhir sesi dibagiin sertifikat yang berisi biodata dan foto yang sudah diberikan sewaktu pendaftaran. Tinggal dateng ke kantor KUA lagi deh buat nyerahin fotokopian sertifikatnya di tanggal yang udah ditetapin oleh kantor KUA. Alhamdulillah...

* by the way itu foto 4 tahun lalu, foto buat wisuda, males banget foto lagii 😉

2 komentar:

  1. ditempat saya kok ga ada screerining ya.. atau saya yang ga tau krn belum nikah he.. tapi dilihat dari tujuannya screening seblum nikah memang penting banget.. :)

    BalasHapus
  2. wah kalau di Sumatera bayar dan dpt sertifikat ya. baru tau aku. lebih bagus sih berarti kak hehe daripada di depok cuma 2jam aja kursusnya hehe

    BalasHapus